Ketahui jenis-jenis generator berdasarkan opsi bahan bakar

Pentingnya listrik saat ini tidak dapat disangkal. Bahkan, kurangnya listrik karena pemadaman listrik dapat menyebabkan penghentian operasi atau bahkan kerugian yang signifikan bagi perusahaan. Karena alasan ini, generator besar digunakan untuk memasok listrik jika terjadi keadaan darurat jika listrik padam.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada berbagai jenis generator besar di pasaran? Jenis dapat dibagi sesuai dengan jenis bahan bakar yang terkandung dalam generator. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut dan bacaan yang bagus!

Berbagai jenis mesin pembangkit genset

Generator gas.
Sesuai namanya, generator tipe mesin ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Jenis gas yang digunakan adalah liquefied petroleum gas (LPG) atau gas alam terkompresi (CNG). Harga mesin gas cukup tinggi, yang sering dikaitkan dengan harga bahan bakar, yang juga mahal. Karena itu, jika Anda tertarik untuk membeli generator jenis ini, pertimbangkan anggaran tidak hanya ketika membelinya, tetapi juga saat menggunakannya.


Genset diesel
Meskipun jenis generator ini mungkin merupakan opsi yang paling umum ditemukan dan digunakan oleh masyarakat umum. Selain itu, pengoperasian dan penggunaan generator diesel juga sangat sederhana. Alasan lain mengapa banyak generator diesel besar digunakan adalah daya tinggi mereka, yang bervariasi dari 5 kW (5000 W) hingga 2 MW (2.000 000 W). Tergantung pada merek dan jenis yang dipilih, generator diesel memiliki 2 hingga 16 silinder. Namun, sayangnya, mesin generator jenis ini juga harus dipertimbangkan dengan cermat dalam hal biaya atau anggaran, karena harga jualnya tinggi atau tinggi. Jenis generator ini sangat ideal untuk kantor atau toko yang membutuhkan lebih banyak listrik daripada yang mereka lakukan di rumah.

Generator bensin.
Jenis generator ini tetap menjadi pilihan paling populer yang digunakan oleh penduduk, bahkan di Indonesia. Bahkan, harganya relatif lebih murah, terutama dibandingkan dengan harga generator gas dan generator diesel. Selama operasi, mesin generator ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama dan dapat menghasilkan listrik 10 kW atau 10.000 watt. Menggunakan generator jenis ini sangat sederhana, sehingga pemilik sering menggunakannya. Selain itu, kapasitas energi generator bensin dianggap cukup untuk keperluan rumah tangga.

Generator portabel
Untuk opsi generator ini, itu bukan milik kategori generator besar. Bahkan, mudah untuk membawanya ke mana saja (kiasan), jadi ukurannya kecil, ringkas dan ringan. Generator portabel banyak digunakan untuk memenuhi permintaan listrik di luar ruangan, misalnya, di berkemah atau di lapangan.

Turbogenerator.
Dibandingkan dengan jenis generator lain yang telah disebutkan, generator turbo adalah generator besar dengan kekuatan tertinggi. Toh, daya generator jenis ini bisa mencapai 2 MW, atau 2.000.000 watt, lho! Faktanya, sebuah kota kecil dapat memulihkan listrik dengan generator ini, berkat penggunaan turbin yang lebih banyak; itu bisa turbin air, turbin angin atau turbin uap yang akan memutar generator sehingga dapat menghasilkan listrik

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*